Tuesday, October 13, 2009

contoh atribut dalam lingkungan akademik

Contoh 20 atribut dalam lingkungan akademik:
Nim Nama Alamat TTL Kd-fakultas Kd_jurusan

1. NIM
Adalah atribut entitas, pada table mahasiswa Nim juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Nim disini dapat dijadikan sebagai atribut key karena atribut-atribut yang lain akan bergantung pada atribut ini, selain itu nilai-nilai yang ada didalam atribut ini juga tidak pernah ada yang sama. Artinya setiap mahasiswa hanya memiliki satu nim, meskipun namanya sama tapi nimnya tetap berbeda. Sehingga akan mempermudah kita dalam pencarian data.
2. Nama
Adalah atribut entitas, pada table mahasiswa Nama juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Atribut Nama bergantung pada atribut nim.
3. Alamat
Adalah atribut entitas, pada table mahasiswa alamat juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Atribut alamat bergantung pada atribut nim.

4. TTL
Adalah atribut entitas, pada table mahasiswa TTL juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Atribut TTL bergantung pada atribut nim.
Sedangkan atribut Kd-fakultas, dan Kd_jurusan adalah atribut relasi yang juga bergantung pada atribut nim. Kedua atribut diatas akan di relasikan dengan table jurusan dan table fakultas.
Kd_fakultas Nm_fakultas Jml_jurusan


5. Kd_fakultas
Adalah atribut entitas, pada table fakultas Kd_fakultas juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Kd_fakultas disini dapat dijadikan sebagai atribut key karena atribut-atribut yang lain akan bergantung pada atribut ini, selain itu nilai-nilai yang ada didalam atribut ini juga tidak pernah ada yang sama. Artinya setiap fakultas hanya memiliki satu kode. Sehingga akan mempermudah kita dalam pencarian data.

6. Nama_fakultas
Adalah atribut entitas, pada table fakultas Nama_fakultas juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Atribut Nama_fakultas bergantung pada atribut kd_fakultas.


7. Jml_jurusan
Sedangkan jumlah jurusan adalah informasi karena nilainya dapat berubah jika ada penambahan jurusan pada suatu fakultas.jml_jurusan juga bergantung pada Kd-fakultas

8. Juml_fakultas
Sedangkan jumlah fakultas adalah informasi karena nilainya dapat berubah jika ada penambahan jurusan pada suatu universitas.
Kd_jurusan Nm_jurusan Jml_progstudy

9. Kd-jurusan
Adalah atribut entitas, pada table diatas Kd_jurusan juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Kd_jurusan disini dapat dijadikan sebagai atribut key karena atribut-atribut yang lain akan bergantung pada atribut ini, selain itu nilai-nilai yang ada didalam atribut ini juga tidak pernah ada yang sama. Artinya setiap jurusan hanya memiliki satu kode. Sehingga akan mempermudah kita dalam pencarian data.
10. Nm_jurusan
Adalah atribut entitas, pada table diatas Nama_jurusan juga adalah data dasar karena tidak ada rumus yang dipakai untuk memperolehnya. Atribut Nama_jurusan bergantung pada atribut kd_jurusan.
11. Jml_progstudy
adalah informasi karena masih dapat ditambah lagi jumlah program study dalam suatu jurusan.
Kd_porgstudy Nm_progstudy
12. kd_progstudy
Kd_progstudy adalah atribut entitas, yang merupakan data dasar karena tidak ada rumus untuk memperolehnya. Seain itu atribut ini juga unik karena setiap program study juga hanya memiliki satu kode program study. Sehingga dalam abel diatas kda-progstudy dapat dijadikan key yang akan mempermudah kita dalam melakukan pencarian data nantinya.
13. Nm_progstudy
Nm_progstudy juga atribut entitas, atribut ini juga data dasar yang bergantung pada atribut kd_progstudy.
Nip Nm-dsen Alamt No telp Kd_fakultas Kd_jurusan
14. NIP dosen
NIP adalah atribut entitas yang merupakan data dasar. Atribut yang lain akan bergantung pada atribut ini.
15. Nama-dosen
Nama_dosen adalah atribut entitas yang merupakan data dasar. Atribut ini bergantung pada atribut NIP_dosen.

16. Alamat_dosen
Alamat adalah atribut entitas pada table diatas. Alamat juga adalah data dasar, karena tidak ada rumus untuk memperolehnya dengan kata lain memang seperti itu adanya. Atribut ini bergantung pada atribut NIP_dosen.
Sedangkan atribut kd_fakultas dan Kd_jurusan adalah atribut relasi dari table fakultas dan table jurusan.
17. No telp_dosen
No telp-dosen adalah atribut entitas, yang merupakan data dasar, atribut ini juga bergantung pada atribut NIP_dosen.
Kd_mtkul Nm_mtkul Nip_dsenpengajar
18. Kd_mtkuliah
Kd_mtkuliah adalah atribut entity yang merupakan data dasar juga. Atribut ini dapat dijadikan key karena cukup unik. Atribut yang lain akan bergantung pada atribut ini.
19. Nm_matakuliah
Nm_mtkul adalah atribut data dasar yang bergantung pada atribut kd_matakuliah.
Sedangkan Nip_dosenpengajar adalah atribut relasi dari table dosen.
NIM Nm_mhsw NIP_PA NM_PA
20. Nip_PA
Atribut ini adalah atribut data dasar. NIP_PA ini juga bias dijadikan alternate key atau juga jadi primary key. Karena NM_PA dapat bergantung pada atribut ini. Namun, Apabila NIM yang menjadi primary key maka atribut ini pun akan bergantung pada atribut NIM. Jadi ketergantungan fungsinya akan tergantung mana yang akan dijadikan key.
21. Nama_dosenPA
Atribut ini juga merupakan data dasar, atribut ini akan bergantung pada NIP_PA.

1 comment:

  1. atrikel yang bagus sekali..,,

    terima kasih untuk anda..,, tugas saya sangat terbantu dengan blog ini...,,,

    cheers...,,,

    ReplyDelete